KristyMonica-Blogspot

Selasa, 27 Desember 2016

ALAT PENDUKUNG OPERASIONAL KOMPUTER

A. Alat Input

Alat input adalah alat-alat yang berfungsi untuk memasukan data atau perintah dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang digunakan.

1.  Keyboard
Berfungsi memasukan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan.

2. Mouse
Berfungsi untuk memindahkan pointer atau kursor secara cepat serta mengatur posisi kursor di layar.

3. Joystick
Pada umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.

4. Scanner
Berfungsi untuk mengopy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan dalam memori komputer.

5. WebCam
Digunakan untuk konferensi video jarak jauh atau sebagai kamera pemantau.

B. Alat Output

Alat Output adalah alat-alat yang berfungsi mengeluarkan data-data yang berbentuk informasi yang dibutuhkan.
1. Printer
Berfungsi untuk mencetak teks atau gambar ke media kertas atau media lainnya seperti kertas tranparansi.

2. Monitor
Berfungsi menampilkan teks dan atau gambar, baik diam maupun gerak, yang dijalankan oleh komputer dan di proses oleh arafik.

3. Speaker
Berfungsi untuk memberikan informasi dalam bentuk suara.

4. Proyektor
Berfungsi menampilkan bayangan sebuah gambar positif yang dapat ditembus cahaya.

C. Jaringan
Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah :
  • Membagi sumber daya
  • Komunikasi
  • Akses informasi

1. Klasifikasi

     i) Berdasarkan Skala :
  • Local Area Network ( LAN )  : Jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti : jaringan komputer di kampus, gedung, sekolah, kantor, dalam rumah, atau lebih kecil.
  • Metropolitan Area Network ( MAN ) : Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagi lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dsb. Jangkauan dari MAN ini antara 10-50 km.
  • Wide Area Network (WAN ) : Merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota, atau bahkan negara, atau dapat di definisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

    ii) Berdasarkan Fungsi :
  • Client - Server : yaitu jaringan komputer yang di dedikasikan khusus sebagai server.
  • Peer to Peer : jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan.
   iii) Berdasarkan Topologi Jaringan
  • Topologi Bus : Jenis topologi pada jaringan komputer yang menggunakan kabel tunggal sebagai media transmisinya atau menggunakan kabel pusat sebagai tempat dimana semua client dan server dihubungkan.
  • Topologi Bintang : Bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna.
  • Topologi Cincin : Topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin.

2. Modem

Modem berasal dari singkatan Modulator DeModulator. Perangkat keras ini digunakan untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog sehingga data dari komputer bisa dikirimkan melalui saluran telepon atau saluran lainnya. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.

3. Kartu Jaringan

Kartu jaringan ( Network Interface Card disingkat NIC atau juga Network Card ) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar terbagi menjadi 2 jenis, yaitu :
a) NIC Fisik
NIC fisik pada umumnya berupa kartu yang dapat ditancapkan ke dalam sebuah slot dalam motherboard komputer, yang dapat berupa kartu dengan bus ISA, bus PCI, bus EISA, bus MCA, atau bus PCI Express. Kartu NIC Fisik terbagi menjadi 2 jenis, yakni :
- Kartu NIC dengan media jaringan yang spesifik
-Kartu NIC dengan arsitektur jaringan yang spesifik
b) NIC Logis
NIC Logis merupakan jenis NIC yang tidak ada secara fisik, dan menggunakan sepenuhnya perangkat lunak yang diinstalasikan di atas sistem operasi dan bekerja seolah-olah dirinya adalah sebuah NIC.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

About

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Powered By Kristy Monica Sibagariang
Light Red Pointer

BTemplates.com

Pages

Popular Posts